Minggu, 27 Mei 2012


Mengembangkan Bisnis ke LUAR NEGERI
Salah satu keunikan Dr. Ir. Ciputra adalah kemampuan dia untuk berpikir jauh ke depan. Ia bisa melihat apa yang tidak dilihat orang lain, ia bisa menduga apa yang akan terjadi padahal kebanyakan orang belum pernah memikirkannya. Inilah rahasianya kenapa akhirnya Dr. Ir. Ciputra sukses membuka usaha di luar negeri.
Sejak tahun 1980 Dr. Ir. Ciputra sudah mulai melakukan investasi di Singapura dan Hawai melalui Metropolitan Group dan mulai tahun tahun 1990 bersama dengan Ciputra Group Dr. Ir. Ciputra mulai masuk ke Vietnam. Bila anda membayangkan kota Hanoi di tahun 1990 an awal maka anda dapat membayangkan sebuah ibu kota negara dengan penduduk sekitar 3 juta jiwa dan di jalan-jalan utama kota tsb dipenuhi oleh sepeda bukan mobil seperti kota Jakarta. Kebanyakan orang mungkin akan meragukan peluang bisnis di Hanoi/Vietnam. Mungkin mereka berkata bisnis seperti apa yang dapat berkembang di sebuah negara yang baru saja selesai berperang dan dianggap masih rendah daya belinya.
Tidak demikian dengan Dr. Ir. Ciputra ia mengirimkan timnya ke Hanoi ketika kota itu masih dianggap “terkebelakang”. Itulah yang disebut sebagai visi. Mampu membayangkan buahnya walau hanya dari wujud benihnya. Bagaimana wujud “benih” sukses itu? Staf Dr. Ir. Ciputra yang mengunjungi Hanoi di awal tahun 1990an di masa perintisan pernah berkata:”Baru beberapa Traffic Light di kota Hanoi itu…” Yang lain mengatakan: “Saya biasa membawa handuk dan Aqua setiap kali ke Hanoi karena khawatir tidak berhasil mendapatkan hotel yang baik…”. Bisa anda bayangkan betapa “kecil”nya kota Hanoi pada masa itu?
Sekarang kota Hanoi adalah sebuah kota yang modern. Kita dapat temukan hotel/apartemen berbintang, pusat belanja, gedung perkantoran dll. Di kota Hanoi ini Ciputra Group dengan cara berpatungan membangun sebuah hotel bintang 5 dan 2 tahun kemudian Ciputra Group membangun sebuah kota mandiri Ciputra International City. Ternyata visi Dr. Ir. Ciputra tidak keliru. Setelah melalui berbagai hambatan dan juga krisis eknomi Asia maka sekarang proyek Ciputra Internasional City adalah proyek real estat terbesar dan memiliki reputasi tinggi di Vietnam. Demikian juga dengan Hanoi Horison Hotel, hotel bintang 5 ini kerap mendapat tamu penting dari berbagai negara termasuk presiden Indonesia.
Inilah salah satu rahasia dari keberhasilan bisnis properti yaitu menemukan peluang sebelum yang lain melihatnya, meraih peluang sebelum yang lain bertindak dan memanfaatkan peluang sebelum yang lain selesai mempelajarinya. Saat ini Ciputra Group sudah memperlebar usahanya di Calcutta (India) bersama beberapa mita bisnis untuk membangun Kolkata West International City sebuah proyek perumahan skala kota. Sebentar lagi sebuah proyek Ciputra Group kembali akan mengembangkan bisnis di luar negeri dengan mewujudkan sebuah perumahan skala kota di Kamboja.
Dr. Ir. Ciputra berkeyakinan bahwa abad ini adalah abad Asia sehingga dengan upaya yang serius dan penuh semangat ia bersama tim melakukan survey ke berbagai negara Asia hingga ke Timur Tengah dan negara-negara eks Uni Soviet. Ia sadar bahwa tidak semua pencarian bisnis baru akan memberikan hasil jadi. Dari puluhan proyek baru yang diselidiki hanya 2 atau 3 proyek yang dapat diwujudkan. Oleh karena itu bila makin banyak proyek baru yang ingin diperoleh semakin banyak survey yang harus dilakukan.
Proyek pengembangan skala kota atau kota baru dan proyek gedung-gedung komersial merupakan sasaran utama Dr. Ir. Ciputra. Ia memang piawai dan berpengalaman dalam membuat konsep kota baru yang unik. Ia berkeyakinan:”Kalau saya bisa berhasil membangun kota-kota baru di Indonesia saya juga berkeyakinan bisa berhasil di tempat lain, medan Indonesia tidak gampang dan itu telah melatih dan menempa saya..”
Dr. Ir. Ciputra dapat sangat terobsesi ketika merancang sebuah kota baru. Ia sangat serius dan mungkin lebih dari itu. Ia akan berpikir dan berimajinasi selama 24 jam. Katanya:”Proyek-proyek baru itu terbawa dalam mimpi-mimpinya di malam hari..” Tidak heran bila pagi-pagi ia sudah menggoreskan penanya untuk menggambar proyek mungkin ada inspirasi dari mimpi malam hari.
3 PELAJARAN YANG DAPAT KITA PETIK
  1. Cari peluang bisnis secara aktif dan jangan menunggu. Jangan pernah berpikir peluang akan datang mengetuk pintu dan menjemput kita untuk langsung berhasil.
  2. Berani memulai ketika orang lain belum memulai. Ambillah resiko yang telah diperhitungkan.
  3. Kalau bisa berhasil di Indonesia bisa juga berhasil di luar negeri. Manusia Indonesia memiliki kapasitas untuk sukses dalam bidang bisnis dimanapun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar