Minggu, 27 Mei 2012




ciputra-2
Mengalami Pengalaman KERJA selama KULIAH
Dr. Ir. Ciputra berangkat ke Bandung dari Sulawesi untuk melanjutkan kuliah di ITB sebagai seorang mahasiswa yang tidak mampu secara ekonomi. Ia adalah seorang anak yatim dari sebuah keluarga sederhana yang tinggal di pelosok pulau Sulawesi. Bekal dan dukungan dari ibunya untuk kuliah dan hidup sehari-hari tentu tidak cukup sehingga ketika kuliah di tingkat 3 ITB Bandung, Dr. Ir. Ciputra mendirikan usaha konsultan perencanaan dengan 2 temannya yaitu Ir. Budi Brasali dan Ir. Ismail Sofyan. Ia bekerja penuh di perusahaan ini dan setahun kemudian ia juga bekerja di sebuah perusahaan kontraktor. Perusahaan konsultan yang itu masih ada sampai sekarang dengan nama PT. Perentjana Djaja.
Tindakan ini adalah sebuah keberanian dan juga keputusan kedua yang penting bagi Dr. Ir. Ciputra dalam proses pembentukan dirinya menjadi seorang pengusaha properti. Pada kenyataannya pilihan bekerja bukan hanya sekedar jadi cara mencari nafkah ternyata ia “jatuh cinta” dan menyintai kerja itu sendiri. Bagi Dr. Ir. Ciputra kerja dan belajar seperti ajang perlombaan. Ia terus berlatih dan berlari untuk meraih prestasi tertinggi seperti seorang atlit atletik bercita-cita meraih medali emas, ia sungguh menikmati semua itu.
Untuk menjaga biduk perusahaan berjalan lancar sekaligus tugas perkuliahan terselesaikan dengan baik maka kerja keras dan pengelolaan diri yang sangat ketat. Ternyata kebiasaan ini menjadi bekal berharga bagi masa depannya. Saat ini banyak orang mengakui Dr. Ir. Ciputra adalah seorang yang berani memberikan pengorbanan yang besar demi mencapai cita citanya, tetes keringat dan tetes air mata pernah ia kucurkan demi mencapai cita-citanya.
Melakukan sebuah pekerjaan selama kuliah adalah ajang latihan bisnis yang berharga. Apakah itu membantu perusahaan milik orang tua sendiri, bekerja kepada orang lain ataupun menjadi pekerja paruh waktu. Seorang filsuf Inggris yang terkenal bernama Charles Handy pernah berkata:”Belajarlah seperti orang yang bekerja dan bekerjalah seperti orang yang belajar”. Kedua kegiatan ini kalau dikombinasikan memang memberikan manfaat besar. Sesungguhnya bekerja dan belajar adalah 2 muka dari sebuah koin mata uang yang sama. Jangan pernah pensiun untuk ke dua kegiatan ini.
3 PELAJARAN YANG DAPAT DIPETIK
    1. Bekerja akan memakan sebagian besar waktu hidup kita oleh karena itu cintai kerja keras sejak masih muda.
    2. Bekerjalah dengan tanggung jawab seorang pekerja dan bekerjalah dengan rasa ingin tahu seorang pelajar.
    3. Pengalaman kerja nyata selama belajar adalah sarana pembelajaran yang berharga.

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar